PEMBUKAAN DIKLAT TATA NASKAH DINAS TAHUN 2021


Senin, 24 Mei 2021
Sebagai ASN tentu harus memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan dengan baik karena akan berimbas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan terhadap publik. Dalam hal ini salah satunya terkait pekerjaan yang sifatnya administratif. Kepala BPSDMD Provinsi Banten Bapak Untung Saritomo menyatakan dalam pembukaannya dikegiatan Pelatihan Tata Naskah Dinas bahwa penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang baik harus didukung oleh kemampuan tertib administrasi yang baik pula dan salah satu komponen yang penting dalam ketata laksanaan pemerintahan adalah administrasi umum. Peningkatan tertib administrasi merupakan salah satu tujuan yang harus kita capai. 
Tata naskah dinas merupakan pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam kedinasan. Sebagai alat komunikasi kedinasan yang resmi dalam menjalankan tugas dan fungsi, naskah dinas merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan PNS. Oleh karena itu, kemampuan menyusun naskah dinas sesuai dengan kaidah dan peraturan yang berlaku mutlak dimiliki setiap pegawai instansi pemerintah.
Peyelenggaraan pelatihan ini merupakan upaya mewujudkan tertib administrasi, melalui peraturan gubernur banten nomor 24 tahun 2012 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Dengan diterbitkannya keputusan ini diharapkan pengaturan dan pengelolaan surat-surat dinas baik terhadap kop surat, logo, ukuran dan jenis kertas, penggunaan huruf, bentuk surat, kewenangan penandatanganan serta cap/stempel dinas dapat lebih teratur dan terarah sehingga tercapai efektifitas dan efisiensi tertib administrasi perkantoran/Tata Naskah Dinas.
Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 6 (enam) hari mulai tanggal 24 sd 29 Mei 2021 secara daring melalui LMS CERIA milik BPSDMD Provinsi Banten. Semoga melalui kegiatan ini akan tercipta aparatur-aparatur yang semakin memahami pentingnya Tata Naskah Dinas dalam menjalankan rutinitas pekerjaan sehari-harinya.

Youtube : BPSDMDBanten Instagram : bpsdmdbanten Facebook : bpsdmdbanten Twitter : bpsdmdbanten